Working Group : Pengembangan Software (1)

Sebagai awalan akan coba saya jelasin sedikit

Apa itu Working Group: Pengembangan Software ?

Secara singkat grup kerja atau diskusi ini diprakarsai sama senior-senior di Prodi KPJ, secara garis besar ingin coba mewadahi dan memfasilitasi temen-temen satu prodi dalam diskusi tentang hal-hal terkait perkuliahan yang tentunya punya spesifikasi kepada bidang KPJ. Grup ini harapannya bisa menjadi tempat ngumpulnya temen-temen yang punya ide, masalah, isu, kreatifitas, inovasi, dsb dalam pengembangan keilmuan. Ada banyak tema yang sekarang ini muncul, saya ga bakal cerita panjang lebar lagi intinya keseluruhan tentang working group ini bisa dibaca langsung di blog Geogis Forum .

Kembali ke tagline yang saya buat diatas tadi, pengembangan software lebih condong kepada diskusi-diskusi mengenai berbagai pertanyaan (5W+1H) dari perangkat lunak dalam bidang kartografi, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis. Ada sebuah wacana dan niatan (mungkin harapan kali ya) supaya di Prodi ini bisa mencoba membangun suatu aplikasi perangkat lunak tersendiri. Niatan ini berangkat dari keinginan untuk lepas dari ketergantungan perangkat lunak yang berbayar untuk mendapatkan lisensinya. Jelas perangkat lunak berbayar tersebut pasti memiliki fitur dan kemampuan yang jauh lebih sempurna atau justru bisa dibilang all in one. Agaknya bisa dibuat aplikasi sendiri dalam membantu hal-hal yang sering dilakukan kami para mahasiswa pada Prodi KPJ ini, aplikasi yang dibuat sebagai awalan tentu tidak begitu rumit, inginnya sih yang mudah dan ringan saja dengan fungsi standar yang cukup mumpuni dalam menunjang kegiatan kuliah dan praktikum atau hanya untuk pembelajaran saja. Tentunya dalam membangun aplikasi perangkat lunak sendiri tidak bisa dibilang mudah perlu sumberdaya yang cukup memadai namun kalau tidak pernah dimulai dan dicoba maka tentu ga bakal pernah ada.

If not now, when ?

Kurang lebih jabaran diatas tadi gambaran pemikiran saya tentang Working Group(WG) ini. Nah! ternyata waktu kumpul pertama WG ini hari Senin 24 September 2012 pukul 10.00 WIB di Lab. PJ Terapan yang dipindah ke Perpustakaan Puspics Gedung C Lantai 2 (Lab PJ Terapan dipakai praktikum S2) ada 10 orang yang hadir. Temen-temen yang hadir didominasi sama mahasiswa KPJ 2010, ada juga dari KPJ 2011 yang udah gabung di hari senin kemarin. Pertemuan pertama kami masih ngobrol tentang alasan ikutan ke WG dengan tema ini, sebagian besar alasannya karena rasa ingin tahu dan sepertinya sebagian lainnya ada yang punya passion sama utak-atik software (ini opini pribadi lho). Inti pertemuan pertama ini setelah saling kenal dan tahu alasan kita gabung ke WG ini selanjutnya kita coba bagi 10 temen-temen ini jadi dua tim. Kami angkat satu tugas sederhana untuk review aplikasi perangkat lunak terkait bidang KPJ yakni : Quantum GIS aplikasi ini bebas pakai alias gratis. Kedua tim dari WG ini punya kerjaan review yang beda, Tim 1 : Fungsi Dasarnya dan Tim 2 : Plugin yang bisa ditambahkan ke aplikasi ini . Antusiasme temen-temen dengan tugas sederhana ini cukup baik, tim kami gabung antara temen-temen 2010 dengan 2011 supaya bisa saling berdiskusi dan bertukar pengetahuan(karena temen-temen 2011 masih baru masuk semester 3 which is mereka baru ketemu sama aplikasi perangkat lunak yang ada di Lab). Tunggu satu minggu ke depan untuk hasil review kami tentang aplikasi ini.

Pertemuan ini harusnya juga dihadiri sama Mas Rendy & Mas Ridwan N, tapi karena keduanya lagi kuliah S2 Penginderaan Jauh jadi waktu agak sulit dipertemukan, mudah-mudahan pertemuan selanjutnya yang telah disepakati temen-temen yang hadir kemaren yakni tiap hari Senin jam 11.00 WIB mereka berdua bisa hadir, supaya kami bisa mendapat pencerahan ilmu dan pengetahuan yang lebih lanjut dan terbaru.

26. September 2012 by muhammad.iqnaul.h
Categories: WG Pengembangan Software | Tags: , , , , , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *